Sponsor link

Blogger news

free counters

Budidaya Belimbing Manis

Belimbing, siapa tak kenal buah yang kalau diiris menghasilkan potongan berbentuk bintang segi lima ini. Rasanya yang manis dan sedikit asam banyak digemari wanita. Apalagi kalau bukan untuk membuat rujak, heem......

Belimbing pada dasarnya termasuk tanaman buah yang mudah dibudidayakan. Namun, dia dapat tumbuh dan memproduksi buah berkualitas baik jika ditanam pada lahan yang memiliki ketinggian antara 0-500 meter dari permukaan laut, curah hujan tinggi, dan mendapatkan cukup sinar matahari.

Jenis tanah yang paling pas untuk budidaya belimbing adalah tanah gembur dengan sistem drainase baik, dan dapat menahan air.

Untuk mendapatkan bibit belimbing, bisa dilakukan dengan menyemai biji, menggunakan teknik mencangkok, atau okulasi. Akan tetapi, pada umumnya bibit belimbing yang baik didapatkan dari hasil mencangkok atau okulasi. Karena jika melalui biji ada kemungkinan bibit yang dihasilkan menyimpang dari induknya.

Menurut para ahli, waktu yang paling baik untuk menanam belimbing adalah pada saat awal musim penghujan. Bibit ditanam dengan jarak antara pohon satu dengan yang lain kira-kira 6 meter persegi.

Belimbing, cukup rentan terkena gangguan hama, terutama lalat buah. Karena itulah, ketika mulai berbuah, sebaiknya buah tersebut dibungkus dengan kertas, kain, daun, dan lain-lain yang bisa melindunginya.

Untuk menghasilkan buah dengan ukuran besar, anda dapat melakukan teknik penjarangan. Tindakan itu sebaiknya dilakukan ketika buah sudah berukuran kurang lebih sama dengan besar telur ayam. Ini supaya buah yang dipilih sudah betul-betul kuat tangkainya.

Dari sisi ekonomi, belimbing termasuk tanaman buah yang cukup prospektif. Karena dia dapat berbunga sepanjang tahun hingga hasilnya bisa dipetik hingga 3 kali dalam setahun. Cukup menarik bukan ?

Blogger templates

Labels

Semangka Manggis Melon Anggur Budidaya Bengkuang Jambu Biji budidaya manggis Sirsak Strawbery budidaya semangka Buah Naga Rambutan budidaya anggur budidaya jambu biji budidaya melon budidaya rambutan budidaya sirsak Belimbing Durian Mangga Pepaya bengkoang budidaya budidaya strawberry kandungan buah sirsak pemeliharaan pemupukan Apel Hama Jeruk Kelengkeng Khasiat Buah Matoa Nanas Privacy Policy benih betina buah buah hias buah plum mencegah osteoporosis budidaya anggur organik budidaya apel budidaya belimbing dalam pot budidaya belimbing manis budidaya buah naga budidaya buah naga dalam pot budidaya durian budidaya jeruk budidaya kelengkeng budidaya mangga budidaya strawbery busuk buah busuk daun busuk leher california cara membuat rambatan cara mengendalikan lalat buah cara pembibitan jambu biji drum bekas hama dan penyakit hama dan penyakit tanaman mangga hama tanaman manggis hama tanaman semangka iklim yang pas untuk budidaya sirsak jenis-jenis pepaya jenis-jenis semangka lahan budidaya manggis lahan dan media tanam melon lahan yang baik untuk budidaya melon layu bakteri layu fusarium manfaat bengkoang manfaat buah sirsak manfaat dan sentra tanaman durian mangga probolingo media tanam anggur media tanam buah naga membasmi penyakit tanaman semangka memelihara rambutan menanam buah naga di pot mengatasi penyakit tanaman semangka mengenal durian mengenal matoa menyiapkan lahan untuk bengkoang panen panen bengkuang pascapanen pedoman teknis budidaya pemangkasan pembenihan semangka pembibitan dan pembenihan manggis pembibitan dan pembenihan manggis buah naga pembibitan dan pembenihan melon pembibitan nanas pembibitan semangka pembibitan strawberry pemeliharaan apel pemeliharaan persemaian jambu biji pemeliharaan tanaman manggis pemupukan awal semangka pemupukan buah naga pemupukan lanjutan penanaman penanaman bengkuang penanaman manggis pengendalian hama semangka penyakit tanaman manggis penyakit tanaman semangka penyemaian penyemaian benih jambu biji penyemaian benih melon penyemaian benih semangka penyiapan benih penyiapan lahan buah naga penyiraman pepaya jantan perawatan pupuk organik rambutan binjai sejarah anggur sejarah bengkoang sejarah durian sejarah jambu biji sejarah melon sejarah sirsak sekilas strawbery semangka hibryda semangka lokal sentra tanaman anggur sentra tanaman melon di Indonesia sepintas tentang rambutan sumber benih melon syarat iklim jambu biji syarat tumbuh strawberry tanaman sirsak teknik budidaya strawberry teknik penanaman teknik penanaman apel teknik penyemaian benih manggis tiang panjatan buah naga

Didukung Oleh