Sepintas tentang Rambutan

Rambutan merupakan tanaman asli Indonesia. Nama latinnya nephelium sp, termasuk dalam kelompok tanaman holtikultura. Tanaman rambutan sangat pas untuk daerah beriklim tropis. Selain Indonesia, rambutan kini juga telah banyak dibudidayakan di Piliphina dan negara-negara Amerika latin.

Rambutan merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak jenis. Dari survey yang dilakukan, saat ini terdapat 22 jenis rambutan. Baik yang berasal dari galur murni, hasil okulasi, maupun penggabungan dari dua jenis galur berbeda.

Tetapi masing-masing memiliki ciri tersendiri. Namun, dari 22 jenis tersebut terdapat lima jenis rambutan yang paling banyak dibudidayakan. Pertimbangannya karena memiliki nilai ekonomis relatif tinggi.
Kelima jenis rambutan itu adalah ;

1. Rambutan Rapiah
Rambutan ini memiliki ciri kulit berwarna hijau, kuning, dan merah tidak merata. Rambut agak jarang, rasanya manis dan agak kering, kenyal, daging buah tebal dan mudah dipisahkan dari biji, dan memiliki daya tahan yang baik. Dalam kondisi cuaca normal, rambutan ini bisa bertahan hingga 6 hari setelah dipetik. Hanya saja, dari sisi jumlah buah, rambutan ini tergolong miskin. Namun, kualitas buahnya sangat tinggi.

2. Rambutan Aceh Lebak
Rambutan ini memiliki ciri khas pohonnya yang tinggi dan buahnya yang lebat. Kulit buah bewarna merah dan kuning, rasanya manis sedikit asam, kadar air tinggi, dan daging buah mudah dipisahkan dari biji.
Daya tahan rambutan ini juga cukup baik, dapat bertahan hingga 4 hari setelah dipetik.

3. Rambutan Cimacan
Rambutan ini memiliki ciri kulit yang berwarna merah kekuningan sampai merah tua, memiliki rambut kasar dan agak jarang. Daging buah manis, sedikit berair, tapi daya tahannya kurang lama. Produksi buahnya juga terbilang sedikit.

4. Rambutan Binjai
Rambutan ini merupakan salah satu rambutan yang terbaik di Indonesia. Buahnya memiliki kulit berwarna merah darah sampai merah tua dengan rambut agak kasar dan jarang. Daging buahnya besar dan manis sedikit asam. Produksi buah sedang, tetapi kualitasnya bagus.

5. Rambutan Sinyonya
Soal produksi, rambutan sinyonya merupakan yang terbaik. Buahnya sangat lebat dengan batang yang kokoh. Buah berwarna merah tua sampai merah anggur, rambut halus dan rapa. Daging buah manis asam, kadar air tinggi sehingga daging terasa lembek, dan sulit dipisahkan dari biji.