Lahan dan Media Tanam Melon

Melon pada umumnya dapat tumbuh di iklim apapun. Namun, untuk kegiatan budidaya melon dengan hasil dan produktifitas tinggi, lahan dan iklim yang pas merupakan syarat utama.

Tanaman melon memerlukan penyinaran matahari penuh selama pertumbuhannya, karena itu pilihlah lahan yang mendapatkan sinar matahari cukup. Tanaman melon memerlukan suhu yang sejuk dan kering untuk pertumbuhannya. Suhu pertumbuhan untuk tanam melon antara 25–30 derajat C. Tanaman melon tidak dapat tumbuh apabila kurang dari 18 derajat C.

Kelembaban udara secara tidak langsung mempengaruhi pertumbuhan tanaman melon. Dalam kelembaban yang tinggi tanaman melon mudah diserang penyakit. Hindari kawasan berangin kencang dan bercurah hujan tinggi. Angin yang terlalu kencang dapat menggugurkan bunga melon, dan curah hujan yang terlalu tinggi akan mengurangi kadar gula buah melon.

Media Tanam
Tanah yang baik untuk budidaya tanaman melon ialah tanah liat berpasir yang banyak mengandung bahan organik untuk memudahkan akar tanaman melon berkembang. Tanaman melon tidak menyukai tanah yang terlalu basah.
Tanaman melon akan tumbuh baik apabila pH-nya 5,8–7,2. Tanaman melon pada dasarnya membutuhkan air yang cukup banyak. Tetapi, sebaiknya air itu berasal dari irigasi, bukan dari air hujan.

Ketinggian Tempat
Tanaman melon dapat tumbuh dengan cukup baik pada ketinggian 300–900 meter dpl. Apabila ketinggian lebih dari 900 meter dpl tanaman tidak berproduksi dengan optimal.