Iklim yang Pas untuk Budidaya Sirsak

Sirsak merupakan jenis yang paling tidak bandel tumbuhnya di antara jenis-jenis Annona lainnya dan memerlukan iklim tropik yang hangat dan lembab. Tanaman sirsak dapat tumbuh pada ketinggian sampai 1000 meter di atas permukaan laut dan meluas sampai ke 25° lintang selatan pada lahan yang ternaungi.

Pertumbuhan dan pembungaan sirsak sangat terhambat oleh turunnya udara dingin, serta hujan salju yang ringan saja sudah dapat membunuh pohon sirsak. Musim kering dapat mendorong luruhnya daun dan menyelaraskan pertumbuhan memanjang dan pembungaan dalam batas-batas tertentu.

Hasil panen buah sirsak dapat lebih tinggi pada cuaca demikian, asalkan kelembapan yang tinggi berlangsung selama periode pembentukan buah, ada indikasi bahwa untuk Annona spp. lainnya, baik kelembapan yang sangat tinggi maupun sangat rendah, dapat merusak pembentukan buah.

Jika kelembapan cenderung rendah, dianjurkan untuk memberikan naungan pada tanaman sirsak agar transpirasi dapat dikurangi (juga karena pohon sirsak dangkal perakarannya). Sebagian besar tipe tanah cocok untuk tanaman tanaman sirsak, tetapi drainasenya harus balk, sebab pohon sirsak tidak tahan terhadap genangan air.